Sunday, July 24, 2016

INPUT OUTPUT STANDAR

INPUT OUTPUT STANDAR


1. Menampilkan output ke konsol

ex.
#include <stdio.h>
main() 
{ 
printf(“Hello World”); 
} 


ex.
#include <stdio.h>
int main(void) 

 int a; // tipe integer (bilangan bulat)
 float b; // tipe float (bilangan real) 
 char c; // tipe karakter // tipe string, pendeklarasiannya
// harus langsung diinisialisasi
char d[10] = “Algoritma”;
// inisialisasi variabel
a = 2;
b = 4.5;
c = ‘A’;
/*
* menampilkan isi variabel ke konsol
* perhatikan untuk aturan pemformatannya
* %d untuk integer, %f untuk float, %c untuk char, %s untuk string
*/
printf(“a = %d\n”, a);
printf(“b = %f\n”, b);
printf(“c = %c\n”, c);
printf(“d = %s\n”, d);
// boleh menambahkan baris berikut ini
// di setiap akhir main
return 0;

}



Menampilkan output ke konsol dengan format specifier

ex.
#include<stdio.h>
int main(void)
{
int a;
float b;
char c;

// deklarasi dan inisialisasi string
char d[10] = "Algoritma";

// inisialisasi variabel
// perhatikan variabel b yang bertipe float
// dapat diisi dengan variabel a yang bertipe int
a = 3;
b = a;
c = 'A';

// menampilkan output
// perhatikan pada format %.3f,
// .3 menandakan presisi setelah koma adalah 3 digit
printf("a: %d, b: %.3f, c: %c, d: %s", a, b, c, d);

return 0;

}


2. Menggunakan operator aritmatik

#include <stdio.h>
int main(void)
{
// mendeklarasikan konstanta
const float PI = 3.14;
// mendeklarasikan variabel
float luas;
int a, b, c, r;
// mengisikan nilai ke variabel (inisialisasi)
a = 3;
b = 4;
c = 6;
r = 7;
// menampilkan ke konsol
printf("a = %d b = %d c = %d\n\n", a, b, c);
// operasi aritmatik
printf("a + b = %d\n", a + b);
printf("b - a = %d\n", b - a);
printf("a * b = %d\n", a * b);
printf("c / a = %d\n", c / a);
printf("b / a = %d\n", b / a);
printf("c mod b = %d\n\n", c % b);
Literal Data
6 | P a g e
printf("PI = %f\n", PI);
printf("r = %d\n", r);
// menghitung luas lingkaran
luas = PI * r * r;
printf("Luas lingkaran:\n");
printf("PI * r * r = %f\n", luas);
return 0;
}

3. Operasi increment dan decrement

#include <stdio.h>
int main(void)
{
int a, b, c;
a = 3;
b = 4;
c = 5;
printf("a : %d b : %d c : %d\n", a, b, c);
// operasi increment, a = a + 1
a++;
// operasi decrement, b = b - 1;
b--;
// menampilkan
printf("a : %d b : %d c : %d\n", a, b, c++);
printf("a : %d b : %d c : %d\n", --a, ++b, c);
return 0;

}

4. Operasi logika

ex.
#include <stdio.h>
int main(void)
{
int a, b, c, d;
a = 5;
b = 9;
printf("a = %d\nb = %d\n", a, b);
Literal Data
// operasi logika
printf("a > b : %d\n", a > b);
printf("a < b : %d\n", a < b);
printf("a == b : %d\n", a == b);
printf("a != b : %d\n", a != b);
c = a == b;
printf("c : %d\n", c);
printf("!c : %d", !c);
return 0;
}

ex.
#include <stdio.h>
int main(void)
{
int a, b, c, d, e;
a = 5;
b = 9;
printf("a: %d b: %d\n", a, b);
c = a > b;
d = a <= b;
printf("c: %d, d: %d\n", c, d);
printf("c && d: %d\n", c && d);
printf("!c && d: %d\n", !c && d);
printf("c || d: %d\n", c || d);
printf("c || !d: %d\n", c || !d);
printf("c ^ d: %d\n", c ^ d);
return 0;

}


5. Input dari keyboard

#include <stdio.h>

int main(void)
       {
int a, b;

printf("Masukkan bilangan 1: ");

// membaca input dan menyimpan ke variabel a
scanf("%d", &a);

printf("Masukkan bilangan 2: ");

// membaca input dan menyimpan ke variabel b
scanf("%d", &b);

// output
printf("%d + %d = %d\n", a, b, a + b);
printf("%d - %d = %d\n", a, b, a - b);

return 0;

       }



6. Menghitung rata – rata

#include <stdio.h>

int main(void)
{
float a, b, c, r;

printf("masukkan 3 bilangan (pisahkan dengan spasi): ");

// 3 input dalam satu baris
// dipisahkan dengan spasi
scanf("%f%f%f", &a, &b, &c);

// menghitung rata - rata
r = (a + b + c) / 3;

// output
printf("rata - rata dari %.0f, %.0f, %.0f adalah: %.2f", a, b, c, r);

return 0;

}


7. Input karakter tunggal


#include <stdio.h>

int main(void) 
{
char a, b, c, d;

printf("Masukkan 4 karakter (pisahkan dengan koma): ");
// perhatikan pada scanf()
// di antara format specifier terdapat tanda koma (,)
// yang berarti input pada console juga harus menggunakan
// tanda koma untuk memisahkan masing masing nilai
scanf("%c,%c,%c,%c", &a, &b, &c, &d);

printf("Karakter: '%c', '%c', '%c', '%c'", a, b, c, d);

return 0;
}

8. Input string

#include <stdio.h>

int main(void) 
{
char str[15];

printf("Masukkan string: ");

// perhatikan cara input menggunakan scanf() pada string
// berbeda dengan tipe data yang lain
// pada string tidak menggunakan tanda '&' di depan variabel
scanf("%s", str);

printf("Hello \"%s\"", str);

return 0;
}

Penggunaan scanf() untuk membaca string sering terjadi konflik dengan tipe yang lain, sebagai alternatif dapat digunakan fungsi gets()

9. Input string

#include <stdio.h>

int main(void) 
{
char str[15];

printf("Masukkan string: ");

// penggunaan fungsi gets() sebagai alternatif untuk membaca string
gets(str);

printf("Hello \"%s\"", str);

return 0;
}

Penggunaan fungsi gets() hanya dianjurkan untuk kepentingan pembelajaran. Dalam praktek sebenarnya penggunaan gets() sangat tidak dianjurkan karena ada permasalahan dengan keamanan










note!
-Dalam bahasa C tipe string dideklarasikan sebagai larik dari tipe data char
-Tipe boolean dinyatakan dengan tipe int, nilai 0 untuk false dan selain 0 true

sumber : Kuliah Praktikum STIMIK AMIKOM

No comments:

Post a Comment