Thursday, August 11, 2016

STRUKTUR KONTROL KEPUTUSAN

STRUKTUR KONTROL KEPUTUSAN

1. Membandingkan nilai

#include <stdio.h>
int main(void)
{
int a = 4;
// membandingkan apakah a bernilai 4
if(a == 4)
// jika benar maka:
printf("True");
return 0;
}


2. Cek nilai grade

#include <stdio.h>
int main(void)
{
int grade;
printf("Masukkan grade Anda: ");
scanf("%d", &grade);

// mengecek apakah grade lebih besar dari 50
if(grade > 50)
       {
// jika ya
printf("Grade Anda terpenuhi");
} else
       {
// jika tidak
printf("Grade Anda tidak terpenuhi");
}

return 0;
}


3. Menebak nama

#include<stdio.h>
int main(void)
{
char namaku[25];
printf("Siapakah nama saya? ");

// fungsi gets() khusus digunakan untuk membaca string
gets(namaku);

// fungsi strcmp() digunakan untuk membandingkan 2 string
// jika hasil perbandingan sama dengan 0 maka kedua string
// adalah sama

if(strcmp(namaku, "Bayu Setiaji") == 0)
printf("Benar sekali...");
else
printf("Tebakan salah...");
return 0;

}

4. Konversi nilai angka ke huruf menggunakan if-else-if

#include <stdio.h>
int main(void)
{
int nilai;
printf("-- Konversi Nilai --\n");

printf("Masukkan nilai angka: ");  scanf("%d", &nilai);
printf("Nilai huruf: ");

// membandingkan nilai menggunakan range tertentu
if(nilai > 85) {
printf("A");
} else if(nilai > 70) {
printf("B");
} else if(nilai > 50) {
printf("C");
} else if(nilai > 25) {
printf("D");
} else {
printf("E");
}
return 0;

}

5. Konversi nilai angka ke huruf menggunakan switch

#include <stdio.h>
int main(void)
{
int nilai;
char huruf;

printf("-- Konversi Nilai --\n");

printf("Masukkan nilai angka [0-10]: ");
scanf("%d", &nilai);

// mencari yang sesuai dengan case (selektor)
switch(nilai)
{
case 10:
case 9:
huruf = 'A';
break;
case 8:
case 7:
huruf = 'B';
break;
case 6:
case 5:
case 4:
huruf = 'C';
break;
case 3:
case 2:
case 1:
huruf = 'D';
break;
case 0:
huruf = 'E';
break;
default:
// default digunakan bila tidak menemukan
// case (selektor) yang sesuai
huruf = '-';
}

printf("Nilai huruf: %c", huruf);
return 0;

}

Keyword break pada struktur switch akan menghentikan alur eksekusi agar tidak berlanjut ke case         yang lain.
Struktur switch lebih sesuai digunakan untuk kondisi dengan range yang kecil.

Penggunaan struktur if lebih fleksibel untuk semua kondisi. 


 Kesimpulan
 Pernyataan if dapat digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan rentang nilai tertentu atau  kondisi tertentu, 
 Pernyataan switch membuat keputusan hanya berdasarkan nilai unik dari tipe integer atau karakter
 Selektor adalah konstanta unik dari nilai integer atau karakter.




No comments:

Post a Comment